Market

Krisis Kian Akut, Chip Global Akan Berlangsung Setahun, Ini Dampaknya untuk HP dan Otomotif

Kami memperkirakan permintaan akan terus melebihi pasokan untuk sebagian besar tahun ini

Kabar.web.id – Krisis Kian Akut, Chip Global Akan Berlangsung Setahun, Ini Dampaknya untuk HP dan Otomotif. Sejumlah perusahaan teknologi pesimis kelangkaan chipset bakal berlangsung hingga satu tahun ke depan. Krisis pasokan chip ini pun diprediksi menyebabkan kenaikan harga dan penundaan pasokan barang elektronik seperti HP, mobil, dan konsol game.

Menurut perusahaan chip Nvidia, misalnya, kelangkaan chip masih akan terjadi sepanjang 2021.
“Permintaan secara keseluruhan tetap sangat kuat dan terus melebihi pasokan sementara inventaris saluran kami tetap cukup ramping,” kata kepala keuangan dan wakil presiden eksekutif Nvidia, Colette Kress, selama pertemuan dengan para investor pada Senin (12/4).

“Kami memperkirakan permintaan akan terus melebihi pasokan untuk sebagian besar tahun ini.”

Meski demikian, Kress mengatakan bahwa pihaknya berharap memiliki pasokan yang cukup untuk unit pemrosesan grafis (GPU) dan cip untuk konsol game, mobil, dan robotika setelah kuartal pertama 2022.
Perusahaan teknologi lain lebih pesimis dari Nvidia. CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan bahwa kekurangan chipset saat ini kemungkinan akan berlangsung “beberapa tahun”.

Gelsinger menambahkan, meskipun perusahaan semikonduktor telah dapat menemukan solusi jangka pendek seperti meningkatkan produksi, krisis pasokan chip masih membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diperbaiki. “Perlu beberapa tahun untuk membangun kapasitas,” katanya kepada The Washington Post.

Senada dengan Gelsinger, CEO Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), C. C. Wei, juga menyebut bahwa kelangkaan cip akan terus melanda hingga tahun depan.

Saat pertemuan pendapatan perusahaan pada Kamis (15/4) Wei menyebut bahwa pihaknya akan meningkatkan produksi chip demi mengatasi krisis pasokan. TSMC sendiri merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi prosesor bagi Apple dan Qualcomm.

“Kami telah memperoleh tanah dan peralatan, dan memulai pembangunan fasilitas baru,” kata Wei. “Kami mempekerjakan ribuan karyawan dan memperluas kapasitas kami di banyak lokasi.”

Berbagai faktor menyebabkan kelangkaan chip pada tahun ini. Mulai dari pembatasan sosial, meningkatnya kebutuhan HP dan otomotif selama pandemi corona, inventaris yang buruk, hingga perang dagang antara AS dan China. Untuk mengetahui penyebab lengkapnya, kamu bisa melihat artikel berikut.

Dampak krisis pasokan chip untuk industri HP hingga otomotif

Krisis pasokan chip menyebabkan sejumlah produsen mobil membatasi produksi kendaraan yang kurang menguntungkan. General Motors Co dan Ford Motor Co, contohnya, mereka mengatakan akan menurunkan produksi. Kedua perusahaan bergabung dengan Volkswagen AG, Subaru Corp, Toyota Motor Corp dan Nissan Motor Co yang mengambil langkah serupa.

Kekurangan chip semikonduktor otomatis dapat berdampak pada hampir 1,3 juta unit produksi kendaraan global pada kuartal pertama, menurut perusahaan data IHS Markit.

Menurut laporan Bloomberg, kerugian penjualan mobil dari kelangkaan chip diperkirakan mencapai 61 miliar AS. Pukulan ke industri elektronik secara umum akan jauh lebih besar, meski sulit diukur pada tahap awal ini.

Untuk industri HP, Apple menyebut akan mengurangi pasokan iPhone terbaru mereka. Samsung juga dilaporkan tak akan merilis seri Samsung Galaxy Note berkat “ketidakseimbangan serius” di indusrti semikonduktor.
Belakangan, Presiden Xiaomi Wang Xiang mengatakan kekurangan cip global meningkatkan biaya produksi. Dia menyiratkan bahwa kelebihan beban produksi ini akan ditanggung oleh konsumen–yang berarti harga HP Xiaomi kemungkinan akan naik.

“Sejujurnya, kami akan melakukan apa saja untuk menawarkan harga terbaik yang kami berikan kepada konsumen. Namun terkadang, kami mungkin harus memberikan biaya kenaikan biaya kepada konsumen dalam kasus yang berbeda,” kata Xiang.

Kelangkaan chip juga telah membuat konsumen sulit untuk membeli PlayStation 5, Xbox Series X, dan konsol game lain yang baru dirilis. Pada bulan Februari, Sony menyalahkan krisis pasokan chip atas terbatasnya pasokan konsol baru mereka.

Kabar Web

Kabar.web.id menyajikan informasi update & Terpercaya yang diambil dari berbagai macam sumber untuk menyebarluaskan informasi dengan mencantumkan sumber yang kredibel dan berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button